List News

Dalam hal mencegah penyebaran penyakit menular seperti Covid-19, tidak ada yang lebih baik daripada mencuci tangan. Tetapi jika air dan sabun tidak tersedia, pilihan terbaik berikutnya, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan (CDC), adalah menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60 persen alcohol atau lebih dikenal dengan nama Hand Sanitizer.

Namun apakah Anda tahu jika Hand Sanitizer ternyata mudah untuk dibuat? Karena yang dibutuhkan hanyalah tiga bahan untuk membuat Hand Sanitizer sendiri di rumah. Ketiga bahan tersebut antara lain:

- Isopropil atau Rubbing Alcohol (99 persen volume alcohol)

- Gel lidah buaya

- Minyak esensial, seperti minyak pohon teh atau minyak lavender

Kunci untuk membuat Hand Sanitizer yang efektif adalah menggunakan alkohol dengan perbandingan 2: 1 untuk lidah buaya dan membuat kadar alkohol sekitar 60 persen. Ini adalah jumlah minimum yang dibutuhkan untuk membunuh sebagian besar kuman, menurut Sumber terpercaya CDC.

Lalu bagaimana cara membuat Hand Sanitizer sendiri? Seorang profesor ilmu kesehatan di Ball State University, Jagdish Khubchandani, PhD, membagikan formula Hand Sanitizer ini. Formulanya adalah menggabungkan:

- 2 bagian isopropil alkohol atau etanol (91–99 persen alkohol)

- 1 bagian gel lidah buaya

-Beberapa tetes cengkeh, kayu putih, peppermint, atau minyak esensial lainnya

Jika Anda membuat pembersih tangan di rumah, Khubchandani mengatakan untuk mengikuti tip berikut:

- Buat Hand Sanitizer di tempat yang bersih. Seka meja dapur dengan larutan pemutih yang diencerkan sebelumnya.

- Cuci tangan Anda sampai bersih sebelum membuat Hand Sanitizer.

- Untuk mengaduk, gunakan sendok dan pengaduk bersih. Cuci barang-barang ini dengan bersih sebelum digunakan.

- Pastikan alkohol yang digunakan untuk pembersih tangan tidak diencerkan.

- Campur semua bahan sampai tercampur rata.

- Jangan sentuh campuran dengan tangan Anda sampai siap digunakan.

Untuk cairan Hand Sanitizer yang lebih besar, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memiliki formula yang menggunakan:

- Isopropil alkohol atau etanol

- Hidrogen peroksida

- Gliserin

- Air dingin suling atau air matang yang steril

Hand Sanitizer adalah cara praktis saat bepergian untuk membantu mencegah penyebaran kuman saat sabun dan air tidak tersedia. Hand Sanitizer berbasis alkohol dapat membantu Anda tetap aman dan mengurangi penyebaran virus corona.

Meskipun pembersih tangan dapat menjadi cara yang efektif untuk membasmi kuman, otoritas kesehatan tetap menyarankan untuk mencuci tangan jika memungkinkan untuk menjaga tangan Anda bebas dari virus penyebab penyakit dan kuman lainnya.

PT. Visi Sejahtera Medika sebagai distributor alat kesehatan menyediakan Hand Sanitizer dengan jenis liquid maupun gel dan tentunya dengan kandungan Alkohol 70%. Untuk informasi lebih lanjut tentang produk tersebut maupun produk lainnya silahkan hubungi ke nomor 0812-2682-6502. Selalu jaga kebersihan tangan Anda dan selamat berbelanja.

Tags:

Share: