List News

Anestesi lokal mengacu pada penggunaan obat yang disebut anestesi untuk mematikan rasa sementara di area kecil pada tubuh. Dokter menggunakan anestesi lokal sebelum melakukan prosedur kecil, seperti biopsi kulit, pencabutan gigi, dan lainnya. Tetapi anastesi lokal tidak seperti anestesi umum, karena ia tidak membuat orang tertidur.

Anestesi lokal bekerja dengan mencegah saraf di area yang terkena menyalurkan sensasi nyeri ke otak, bahkan terkadang digunakan dengan obat penenang untuk membantu agar rileks.

Anestesi lokal terbagi dalam dua jenis menurut cara pemberiannya:

Anestesi topikal

Anestesi topikal diterapkan langsung ke kulit atau selaput lendir, seperti bagian dalam mulut, hidung, atau tenggorokan Anda. Anestesi topikal terdapat dalam bentuk cairan, krim, gel, semprotan dan tambalan.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin menggunakan kombinasi anestesi lokal untuk efek yang lebih tahan lama. Contoh prosedur yang mungkin melibatkan anestesi topikal meliputi:

- Membuat atau melepas jahitan

- Segala hal yang melibatkan tusukan jarum

- Penyisipan IV dan kateter

- Perawatan laser

- Operasi katarak

- Endoskopi

Anestesi topikal Over The Counter (OTC), seperti Benzocaine (Orajel), juga dapat membantu mengatasi nyeri dari:

- Luka gigi, gusi, atau mulut

- Luka terbuka

- Sakit tenggorokan

- Luka bakar ringan

- Racun ivy ruam

- Gigitan serangga

- Wasir

Injeksi

Anestesi lokal juga bisa diberikan melalui suntikan. Anestesi suntik biasanya digunakan untuk mematikan rasa selama prosedur, daripada mengendalikan nyeri.

Prosedur yang mungkin termasuk suntikan anestesi lokal meliputi:

- Perawatan gigi, seperti saluran akar

- Biopsi kulit

- Menghilangkan pertumbuhan di bawah kulit Anda

- Tahi lalat atau kutil

- Pemasangan alat pacu jantung

- Tes diagnostik, seperti fungsi lumbal atau biopsi sumsum tulang

Daftar di atas adalah beberapa contoh umum. Beberapa dari prosedur ini, seperti operasi katarak, dapat dilakukan dengan salah satu jenis anestesi. Dokter akan menentukan tipe terbaik berdasarkan beberapa faktor, seperti:

- Lamanya prosedur

- Ukuran dan lokasi area yang perlu mati rasa

- Kondisi kesehatan mendasar pasien

- Obat yang pasien minum

Untuk kebutuhan anestesi, PT. Visi Sejahtera Medika menyediakan berbagai macam produk yang dapat digunakan, seperti Lidocain, Vopicain, Pehacain, Xylocain, Marcain, Ethylchloride dan salep Emla. Untuk pemesanan atau info lebih lanjut silahkan hubungi ke nomor 0812-2682-6502. Selamat berbelanja.

Tags:

Share: