List News

Salah satu hal terburuk yang disaksikan oleh orang tua adalah melihat anak merasa kesakitan. Namun banyak dari kita, bersama dengan dokter anak kita, mengabaikan hal tersebut.

Orang dewasa memahami bahwa rasa sakit itu hanya akan berlangsung beberapa detik, tetapi anak-anak tidak mempedulikannya ketika mereka diliputi rasa panik. Akibatnya, banyak anak tumbuh dengan ketakutan akan jarum suntik dan kunjungan ke dokter.

Seiring bertambahnya usia, ketakutan yang tak terbantahkan itu dapat mengubah mereka menjadi orang dewasa dengan fobia, yang sama sekali menghindari vaksin dan perawatan kesehatan yang sangat dibutuhkan.

“Kami tahu bahwa ada banyak efek psikologis dan fisik langsung dan jangka panjang dari rasa sakit yang tidak terkelola dengan baik akibat jarum suntik. Anak-anak menjadi takut, tidak ingin pergi ke dokter, dan lebih sulit bagi orang tua untuk membawa mereka ke sana,” kata Christine Chambers, PhD, seorang profesor pediatri dan psikologi yang mempelajari nyeri pediatrik.

“Kenyataannya adalah, kami memiliki solusi berbasis bukti untuk mengelola rasa sakit akibat jarum suntik dengan mudah pada anak-anak dari segala usia, jadi masuk akal untuk menggunakan strategi ini dalam prosedur injeksi,” tambah Chambers.

Strategi berikut dapat membantu mengurangi atau mengurangi rasa sakit akibat vaksin dan pengambilan darah:

Membuat kulit mati rasa

Menggunakan anestesi topikal untuk mematikan rasa di area tempat jarum suntik akan dimasukkan dapat secara signifikan mengurangi rasa sakit. Dokter dapat menggunakan krim lidocain (Emla).

Berikan empeng atau biarkan menyusui

Membiarkan bayi menyusu atau menghisap empeng selama proses memasukkan jarum juga dianjurkan dan dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Jangan menekan anak

Banyak orang yang saat ini sudah dewasa namun berubah menjadi anak kecil ketika tiba waktunya untuk disuntik. Dengan kontrol rasa sakit dan pengalihan yang tepat, anak-anak seharusnya jarang perlu ditekan.

Alihkan perhatian

Dari meniup gelembung hingga membiarkan anak bermain game di ponsel, ada berbagai macam pengalihan yang dapat membuat anak tidak menimbulkan rasa cemas maupun sakit. Pengalihan yang lain juga dapat berupa menyanyikan lagu, mengajak anak berbicara, atau meminta mereka untuk batuk.

Perhatikan apa yang Anda katakan

Orang tua yang memberi tahu anak bahwa suntikan akan segera berakhir, atau tidak terlalu menyakitkan, atau hanya sedikit. Namun Chambers mengatakan pernyataan itu justru dapat memberi isyarat kepada seorang anak bahwa orang tuanya merasakan cemas.

Orang tua dapat menggunakan hadiah, seperti mengunjungi taman atau mendapatkan es krim setelah kunjungan dokter, dan memberi tahu anak bahwa hadiah itu akan menjadi cara untuk merayakan bahwa ia telah tumbuh menjadi anak laki-laki atau perempuan yang dewasa.

Bermain peran

Bermain peran sebelum kunjungan ke dokter sangat berguna dengan anak-anak usia 2 sampai 5 tahun Anda juga dapat menggunakan buku atau video sebagai alat untuk memperkenalkan anak tentang apa yang akan terjadi. Kemudian, ketika dia akan tertusuk jarum suntik, Anda dapat menyebutkan bahwa itu terjadi seperti yang terjadi di buku atau video.

Diskusi dengan dokter

Chambers mengatakan orang tua harus bertanya kepada dokter mereka apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa sakit akibat jarum suntik. Seringkali, hal itu dapat memulai pembicaraan yang berguna atau memungkinkan dokter berbagi tips. “Bagi kebanyakan anak, strategi seperti pengalihan perhatian, bermain peran, dan pereda nyeri topikal akan mengurangi kecemasan anak. Jika tidak, dan anak menunjukkan kecemasan dalam situasi lain, orang tua mungkin ingin meminta saran tambahan dari penyedia layanan kesehatan, atau bahkan rujukan ke psikolog,” kata Sarah Clark, MPH, seorang wakil direktur Jajak Pendapat Nasional Rumah Sakit Anak-anak C.S. Mott.

Katakan tidak sakit pada jarum

“Ada banyak hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu mempersiapkan anak-anak sebelum tertusuk jarum, mensupport mereka, dan membantu fokus pada apa yang akan terjadi setelahnya. Semua ini membantu anak-anak mengatasi lebih baik tidak hanya dengan jarum suntik, tetapi juga membuat prosedur injeksi berikutnya lebih mudah,” kata Chambers.

Dahulu pemberian injeksi hanya dilakukan menggunakan jarum suntik. Untuk mengurangi efek samping akibat penggunaan jarum suntik yang berulang saat pemberian obat dan vaksin, maka solusi yang sempurna adalah menggunakan sistem suntik tanpa jarum dari Comfort-In.

Needle Free Injection Comfort-In sangat aman, nyaman dan mudah diaplikasikan pada tubuh. Alat ini bekerja mengalirkan obat maupun vaksin ke dalam tubuh secara cepat dengan memanfaatkan tekanan pegas yang sangat tinggi sehingga tanpa tidak ada rasa sakit.

PT. Visi Sejahtera Medika sebagai distributor tunggal Needle Free Injection Comfort-In di Indonesia siap melayani Anda untuk penjualan dan kebutuhan informasi yang diperlukan. Anda bisa langsung menghubungi ke 0812-2682-6502.

Tags:

Share: